> > Nikmatnya Cobaan Allah SWT

Nikmatnya Cobaan Allah SWT

Posted on Sabtu, 11 Agustus 2012 | No Comments

sahabat yang dirahmati Allah.

berbicara tentang cobaan Allah SWT, mungkin kita akan pernah merasakan cobaan Allah itu seperti apa. cobaan Allah sangatlah nikmat jika kita mampu memahami disetiap bali cobaan tersebut, ada hadist yang meriwayatkan :

“Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundah-gulanan hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalahan-kesalahannya”. (HR. Bukhari no. 5641).
 dari hadist diatas bahwa jelas bahwa cobaan yang menimpa umat muslim adalah sebagai penghapus sebagian kesalaha-kesalahan (dosa) pada dirinya.

mungkin kita sempat berfikir bahwa sakit adalah sesuatu yang dapat menghalangi kita. dimana sehari-hari kita dapat menjalankan aktifitas dengan penuh semangat tanpa sakit, namun dengan sakit kita kurang bersemangat bahkan tidak mampu untuk menjalankan kegiatan keseharian kita dengan sewajarnya. 

sakit memang pernah dialami semua mahkluk-Nya, entah itu tua-muda,dewasa-balita, laki-laki - perempuan, pejabat ataupun orang biasa, ataupun kaya - miskin. namun jika mau menelaah secara lebih dalaminsyaAllah kita dapat menemukan hikmah tersendiri dibalik penyakit tersebut. sesuai hadist meriwayatkan :

“Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengan dosa-dosanya”. (HR. Muslim no. 2573).

subhanallah...sungguh nikmat cobaan Allah berupa sakit tersebut. dan dibalik semua cobaan-Nya ada hikmah tersendiri bagi yang mampu merasakannya.

semoga dengan renungan ini kita lebih mampu menerima cobaann-Nya ini dengan penuh ikhlas dan sabar,serta kita lebih bertawakal sehingga mampu menambah kadar keimanan kita kepada-Nya. Aamiin ya rabb...

Nabi Saw bersabda :

“Sesungguhnya balasan yang agung terdapat dalam cobaan yang besar. Dan jika Allah Swt mencintai suatu golongan, maka Dia akan memberikan cobaan padanya. Barang siapa yang ridla/menerimanya, maka Allah juga ridla padanya. Barang siapa yang benci, maka Allah juga membencinya.” ( H.R Turmudzi)
 

Leave a Reply